Rabu, 14 November 2018

Tumbuhnya Perekonomian Jawa Tengah

Kabupaten Boyolali menjadi salah satu kabupaten yang cukup baik perekonomiannya dalam skala Perekonomian Jawa Tengah. Boyolali menjadi viral sesaat setelah salah satu calon presiden menyebutkan bahwa muka - muka orang boyolali akan diusir jika masuk ke dalam hotel di Jakarta. Hal ini tentu menuai protes keras karena mengandung unsur rasis menurut pandangan sebagian kalangan.
Perekonomian Jawa Tengah
Perekonomian Jawa Tengah

Merujuk pada kasus diatas, tentu akan sangat menarik untuk membahas kondisi Perekonomian Jawa Tengah terutama kondisi ekonomi di Boyolali. Boyolali merupakan kabupaten yang menduduki peringkat ke 15 Perekonomian Jawa Tengah. Hal ini tentunya sangat kontradiktif mengenai pernyataan bahwa muka orang boyolali tidak pantas masuk ke hotel mewah Jakarta karena alasan yang rasis.

Sementara itu, Kota semarang dan Kabupaten Cilacap menduduki peringkat teratas pada rangking Perekonomian Jawa Tengah. Hal ini sesuai dengan data yang dirilis oleh badan pusat statistik yang menyatakan bahwa Produk domestik regional bruto (PDRB) Kota semarang pada tahun 2017 yang diukur menggunakan atas dasar harga berlaku telah mencapai angka sebesar 161,25 triliun rupiah atau mencapai 13,7% dari keseluruhan total Produk domestik regional bruto Jawa Tengah. Sementara itu, Kabupaten Cilacap menjadi urutan ke 2 dalam rangking Perekonomian Jawa Tengah dengan persentase sebesar 8,98%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar