Selasa, 06 November 2018

Ketahanan Pangan Indonesia Dibawah Vietnam

Ketahanan Pangan Indonesia menunjukan adanya peningkatan yang cukup pesat. Ketahanan pangan Nasional tersebut telah mengindikasikan adanya peningkatan yang terjadi sepanjnag periode tahun 2012 sampai dengan tahun 2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat naiknya indeks ketahanan pangan internasional atau Global Food Security Index/GFSI Indonesia yang dinilai dari semua aspek dan indikator memiliki nilai sebesar 54,8 pada tahun 2018 jika dibandingkan dengan tahun 2012 yang hanya naik menjadi sebesar 46,8.
Ketahanan Pangan
Ketahanan Pangan

Dengan adanya skor tersebut, menjadikan Indonesia berada di peringkat ke 65 dunia serta posisi ke 5 di tingkat ASEAN dalam indeks ketahanan pangan global. Dalam menilai indeks ketahanan pangan, terdapat 4 indikator yang dijadikan sebagai acuan untuk menilai besaran indeks ketahanan pangan global.

empat aspek tersebut yakni affordability yang terkait dengan cara memangkas rantai pasok pangan yang panjang. yang kedua adalah availability yakni terjaganya angka penawaran, yang ketiga adalah aspek quality and safety yang terkait dengan kualitas dan juga keamanan standar nutrisi serta pengawasan impor lalu yang ke 4 adalah natural resources and resilience yang berkaitan dengan lahan dan juga produksi pangan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar