Selasa, 06 November 2018

Progres Ketahanan Pangan Indonesia

Peringkat Ketahanan Pangan Indonesia di ASEAN menunjukan adanya peningkatan sehingga mampu menembus peringkat 5 dibawah Vietnam. skor ketahanan pangan nasional masih kalah jika dibandingkan dengan Negara di kawasan Asia Tenggara seperti Negara Singapura, Thailand, dan juga Malaysia, lebih parah dari itu, Ketahanan pangan Indonesia masih dibawah Vietnam.
Ketahanan Pangan Indonesia
Ketahanan Pangan Indonesia

Global Food Security Index/GSFI atau Skor indeks ketahanan pangan global tahun 2018 naik sebanyak 1,6 poin sehingga menjadi naik ke level 54,8. Sementara itu, skor ketahanan indeks Indonesia tengah mengalami kenaikan jiak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kondisi posisi Indonesia tetap berada pada urutan ke 5 dari sebanyak 9 Negara di kawasan Asia bagian tenggara.

Sebagai pemimpin peringkat 1 di ketahanan pangan Asia tenggara, Singapura masih memimpin dengan peringkat global dengan skor sebanyak 85,9. Sedangkan pad atingkat dunia, Posisi Indonesia berada pada peringkat ke 65 dibawah Maroko dan juga Ekuador. Sementara itu, berdsarkan aspek keterjangkauan, indeks ketahanan pangan Nasional telah mendapatkan skor sebesar 55,2 dan berada pada peringkat ke 5 pada indeks ketahanan pangan di Kawasan Asia Tenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar