Rabu, 14 November 2018

Cadangan Devisa Oktober Naik

Cadangan Devisa Oktober Indonesia menunjukan adanya peningkatan yang positif. Naiknya cadangan devisa ini adalah yang kali pertama semenjak 9 bulan terakhir. Kenaikan cadangan devisa ini diharapkan dapat menjadi semangat perekonomian nasional.

Bank Indonesia (BI) telah mengumumkan cadangan devisa bulan oktober 2018 yang menempati posisi sebesar 115,2 miliar dolar amerika serikat atau telah naik sebesar 400 juta dolar amerika serikat jika dibandingkan dengan posisi pada akhir bulan september yang hanya berada di posisi sebesar 114,8 miliar dolar amerika serikat.

Bank Indonesia, tertulis dalam siaran persnya menyebutkan bahwa peningkatan cadangan devisa bulan oktober 2018 ini disebabkan oleh adanya penerimaan devisa minyak dan gas (Migas) dan juga oenarikan utang luar negeri pemerintah Indonesia yang terbilang lebih besar dari kebutuhan devisa negara. Sebagai hitung - hitungan, cadangan devisa tersebut bisa setara dengan pembiayaan selama 6,4 bulan impor atau selama 6,2 bulan impor dan juga pembayaran utang luar negeri Pemerintah Indonesia. Ini berarti cadangan devisa yang dihitung terkahir pada akhir bulan oktober 2018 tersebut berada pada posisi diatas standar kecukupan internasional yakni sekitar selama 3 bulan impor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar