Jumat, 11 Januari 2019

Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia

Komoditas andalan Ekspor Nonmigas Indonesia masih didominasi oleh Batu bara. Merujuk pada data yang dirilis oleh Badan pusat statistik (BPS) menunjukan bahwa nilai ekspor fosil arang pada periode bulan januari sampai dengan bulan oktober 2018 telah mencapai 17,19 miliar dolar amerika serikat atau setara dengan nilai sebesar 241 triliun rupiah, atau tumbuh sebanyak 18,19% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya periode januari sampai dengan oktober 2017 (YoY).
Ekspor Nonmigas
Ekspor Nonmigas

Secara keseluruhan, nilai ekspor batu bara menyumbangkan nilai ekspor sebesar 12,57% dari total keseluruhan ekspor non migas Indonesia. Sementara itu, di sisi lain, ekspor minyak sawir nasional dalam 10 bulan terakhir (Januari - Oktober) 2018 telah mencapai nilai sebesar 15,04 miliar dolar amerika serikat dengan total kontribusi sebesar 11% dari total keseluruhan ekspor no migas nasional atau berada di urutan kedua ekspor non migas nasional.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan periode Bulan Januari sampai dengan Oktober 2017, nilai tersebut turun sebanyak 10,61% yang diakibatkan turunnya harga minyak sawit di pasar global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar