Senin, 04 Februari 2019

Elektabilitas Jokowi Ma'ruf Debat Pertama

Elektabilitas Jokowi Ma'ruf mengalami kenaikan setelah diadakan debat perdana capres cawapres beberapa waktu yang lalu. Jokowi Ma'ruf Amin menang dengan skor 5-1 atas pasangan calon presiden wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto Sandiaga Uno.
Elektabilitas Jokowi Ma'ruf
Elektabilitas Jokowi Ma'ruf

Kenaikan elektabilitas Jokowi Ma'ruf ini juga berdasarkan survey yang sama dengan survey skor keunggulan Jokowi Ma'ruf dalam debat pertama yakni survey dari LSI Denny JA yang dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 25 Januari 2019 yang melibatkan sebanyak 1.200 responden dengan mengadopsi pemilihan responden metode multistage random sampling atau memilih responden secara acak dan pengisian kuesioner dengan cara tatap muka wawancara responden dengan tingkat kesalahan atau margin of error kurang lebih 2,8%.

Berdasarkan survey tersebut, Elektabilitas Jokowi Ma'ruf Amin hanya dapat naik sebesar 0,6% yakni menjadi sebesar 54,8% jika dibandingkan dengan sebelum debat. Sementara itu, elektabilitas pasangan capres cawapres nomor urut 02 juga turut naik elektabilitasnya yakni sebesar 0,4% menjadi 31%. Hasilnya, masiha da selisih suara sebanyak 20% utnuk pasangan capres cawapres nomor urut 01. Sementara itu, responden yang menyatakan belum atau tidak menetukan pilihan mengecil 1% menjadi sebesar 14,2%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar